Home Top Ad

Responsive Ads Here

Cara menyambung pipa menggunakan lem pipa merupakan hal yang gampang-gampang susah, apalagi bila anda bukanlah orang yang ahli atau pr...

Cara Menyambung Pipa Menggunakan Lem Pipa

Lem Pipa

Cara menyambung pipa menggunakan lem pipa merupakan hal yang gampang-gampang susah, apalagi bila anda bukanlah orang yang ahli atau profesional tentang hal ini. Dan tidak jarang beberapa kesalahan kecil dilakukan, misalnya saja tidak pas dalam pengeleman pada pipa. Bagi anda yang bukan ahlinya maka akan terasa mudah apabila memanggil tukang pipa profesional, namun kita juga tidak akan selamanya bergantung pada tukang pipa. Untuk itu anda harus belajar sedikit demi sedikit agar terjadi kerusakan yang mendesak.

Nah, bila anda memang berniat ingin belajar tentang bagaimana cara menyambungkan pipa hanya dengan menggunakan lem pipa, yuk mari kita simak sama-sama beberapa langkah dibawah ini.

1. Memotong pipa

Jika terjadi hal mendesak sekalipun langkah yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebelum mengelem pipa adalah cara memotong pipa. Memotong pipa tidak lah mudah diperlukan ketepatan saat menggunakan gergaji khusus plastik dan tajam.

2. Amplas

Langkah kedua setelah memotong pipa, anda perlu menghaluskan bagian pipa bekas gergaji dengan menggunakan kertas amplas. Caranya cukup mudah dengan cara menggulung kertas amplas, kemudian masukkan ke dalam lubang pipa dan sesuaikan kertas amplas tadi dengan bentuk bagian pipa. Setelah itu amplas bagian luar dan dalam secara merata sampai bagian bersih dari sisa gergaji yang tidak halus. Tahapan ini sangat penting dilakukan dengan tujuan agar sisa gergaji yang tidak halus tadi tidak mengganggu pada saat proses penyambungan dan pengeleman menggunakan lem pipa khusus. Selain itu agar tidak menyebabkan pipa tersumbat karena banyak kotoran yang menempel pada bagian dalam pipa. Dan ingat jangan terlalu mengamplas bagian dalam pipa terlalu lama karena akan membuat ukuran pipa mengecil dan tipis selain itu akan membuat pipa tidak tahan lama.

3. Proses pengeleman

Setelah tips pertama dan kedua siap, maka langkah selanjutnya adalah proses pengeleman. Sebelum melakukan pengeleman, lap terlebih dahulu bagian sisi pipa yang akan dilem. Pastikan sisi pipa terhindar dari air sedikitpun. Setelah itu awali dengan mengolesi lem khusus untuk pipa pada bagian dalam atau luar yang ingin anda sambung. Kemudian sambungkan pipa tersebut setelah itu beri lem lagi sesuai dengan ukuran pipa yang anda lem sebelumnya.

Demikian yang dapat anda sampaikan mengenai cara menyambungan pipa menggunakan lem pipa dengan mudah dan simple. Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan dapat anda terapkan untuk kebutuhan sehari-hari.

0 comentários: