Home Top Ad

Responsive Ads Here

Spooring mobil dan balancing mobil tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar pengguna kendaraan roda empat. Spooring mob...

Memahami Spooring Mobil dan Balancing pada Mobil




Spooring mobil dan balancing mobil tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar pengguna kendaraan roda empat. Spooring mobil dan balancing mobil merupakan dua dari banyaknya jenis servis pada mobil atau kendaraan roda empat lainnya.

Kedua jenis servis pada mobil tersebut berfungsi untuk menjaga agar kendaraan roda empat tetap memiliki performa yang baik, khususnya pada mobil keluaran lama dan telah sering digunakan untuk berkendara. Oleh karena itu, perawatan untuk spooring mobil serta balancing mobil sangat direkmendasikan agar mesin mobil dan performa mobil tetap terjaga.

Seputar Spooring Mobil

Penggunaan mobil untuk berkendara dalam waktu yang cukup lama akan mengakibatkan kedudukanempat roda menjadi berubah. Banyak sedikitnya perubahan juga tergantung pada pemakaian. Apabila kedudukan empat roda mulai mengalami perubahan, tentunya driver akan merasakannya.

Spooring mobil sendiri merupakan servis yang berfungsi untuk meluruskan dan memposisikan empat roda mobil seperti pada pengaturan awal mobil. Umumnya, roda mobil yang akan diluruskan adalah dua roda bagian depan.

Adapun gejala ketika spooring mobil diperlukan adalah sebagai berikut:

    1. Permukaan ban mobil terasa tidak rata atau permukaan ban mobil bergelombang. Biasanya kondisi ini terjadi pada salah satu sisi ban saja. Ini menunjukkan bahwa spooring mobil perlu dilakukan agar performa mobil kembali normal.

      2.  Ketika posisi diam, empat roda mobil nampak tidak serimbang atau tidak sejajar. Bisa jadi salah satu atau beberapa ban mobil miring dan tidak lurus padahal kondisi stir telah lurus. Hal ini juga menandakan bahwa posisi ban telah mengalami perubahan. Oleh karena itu, berarti spooring mobil sudah perlu dilakukan.

     3.  Ketika dikendarai, mobil terasa tidak nyaman, stir mobil susah dikendalikan, dan mobil terasa ada gerakan berbelok-belok yang tidak wajar. Terlebih lagi kondisi seperti ini dirasakan ketika berada di jalan aspal yang halus. Hal ini menunjukkan bahwa posisi ban telah mengalami perubahan, sehingga perlu dilakukan spooring mobil.

Seputar Balancing Mobil

Balancing berasal dari kata balance yang berarti seimbang. Dalam hal ini, berarti balancing mobil berarti menyeimbangkan ban mobil yang telah mengalami disposisi sehingga tidak seimbang. Karena mobil memiliki 4 roda, maka harus dilakukan balancing yang baik agar semua roda dapat seimbang dan mendukung performa mobil.

Perubahan keseimbangan pada roda mobil dapat disebabkan oleh telah lamanya penggunaan mobil. Setiap mobil memiliki batas kilometer tersendiri untuk melakukan balancing mobil. Ketika telah mencapai batas kilometer, maka balancing mobil harus segera dilakukan agar performa mobil tetap terjaga.

Tanda bahwa mobil memerlukan perawatan balancing adalah hampir sama dengan spooring mobil. Adapun biasanya spooring mobil dan balancing mobil merupakan satu paket, sehingga kondisi empat roda mobil menjadi seimbang, pada posisinya yang pas, dan nyaman untuk digunakan.

Perawatan spooring mobil dan balancing mobil tidak seperti servis rutin atau tune up yang harus dilakukan secara berkala. Melainkan dilakukan ketika dirasa kendaraan memerlukan spooring mobil dan balancing mobil.

Spooring mobil dan balancing mobil sangat penting untuk selalu diperhatikan dan dijaga kondisinya agar tetap normal. Ketika gejala tidak nyaman telah dirasakan pada saat mengendarai mobil, khususnya pada ban atau kaki mobil, maka segera menuju ke bengkel dan melakukan spooring mobil dan balancing mobil. Dengan ini, selain performa mobil selalu terjaga, maka keselamatan pengendara dan orang lain juga akan terjaga.



0 comentários: