Home Top Ad

Responsive Ads Here

Beberapa orang tua kurang memperhatikan nutrisi anak. Padahal nutrisi dalam makanan bisa berpengaruh besar dalam kecerdasan otak. ...

6 Makanan Bernutrisi untuk Mencerdaskan Otak Anak


orami magazine


Beberapa orang tua kurang memperhatikan nutrisi anak. Padahal nutrisi dalam makanan bisa berpengaruh besar dalam kecerdasan otak. Tidak ada salahnya jika Anda belajar di Orami Magazine dalam mempertimbangkan makanan yang disajikan untuk si kecil. Gizi tinggi akan membantu kinerja otaknya. Berikut beberapa makanan bernutrisi dan mencerdaskan anak.

1. Ikan Salmon

Sumber omega 3 yang paling populer yakni ikan salmon. Selain itu, kandungan lainnya yang tidak kalah penting yakni DHA dan EPA yang sangat berguna untuk pertumbuhan serta perkembangan otak anak. Penelitian juga sudah dilakukan pada 10 orang anak dengan mengonsumsi ikan salmon setiap hari. Hasilnya 7 di antaranya mendapatkan nilai bagus.

2. Kacang-Kacangan

Makanan jenis kacang-kacangan memiliki banyak kandungan protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, beberapa kandungan lain seperti vitamin, serat, dan mineral juga ada dalam kacang-kacangan. Kegunaan kandungan tersebut untuk meningkatkan daya ingat anak. Anda bisa memberikan anak kacang-kacangan saat pagi atau siang hari.

3. Telur

Sudah menjadi rahasia umum kalau telur memang baik dikonsumsi untuk anak. Selain baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, telur juga merupakan makanan yang tidak terlalu mahal. Pada kuning telur terdapat kolin yang tinggi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anak agar daya ingatnya bagus.

4. Berry

Buah yang satu ini merupakan jenis buah yang banyak mengandung vitamin C. Beberapa buah yang masuk kategori berry di antaranya strowberry, blueberi, arbei, dan masih banyak lainnya. Ekstrak kelompok berry ini bisa memperbaiki fungsi daya ingat dan pada biji buahnya mengandung asam lemak omega 3 yang bisa mencerdaskan anak.

5. Sayuran Berwarna

Sayuran sangat baik dikonsumsi untuk anak. Bahkan hingga dewasa Anda harus mengonsumsi sayuran karena memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Sayuran berwarna bisa mencegah berbagai penyakit. Anda bisa memberikan sayuran kepada anak seperti tomat, labu, ubi jalar, maupun wortel. Kandungan antioksidan dalam sayuran ini juga tinggi. 

Selain itu, fungsi sayuran yang paling penting untuk anak yakni membuat sel otak anak menjadi lebih sehat sehingga akan mempengaruhi daya ingat hingga kecerdasan. Anda bisa mengolah berbagai sayuran dengan menu kreasi yang tidak membosankan agar anak semangat makan. Tips makanan untuk balita bisa Anda baca juga di Orami Magazine.

6. Gandum

Makanan yang banyak mengandung glukosa yang konstan memiliki kemampuan untuk mendukung kerja otak. Salah satunya yakni gandum. Anda bisa memberikan gandum untuk dikonsumsi si kecil. Makanan yang terbuat dari gandum misalnya roti gandum. Anda bisa membuatkannya untuk sarapan maupun bekal ke sekolah. 

Makanan yang memiliki nutrisi cukup bisa membantu perkembangan otak anak. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda lebih memilih makanan yang memiliki nutrisi seperti di atas. Selain itu, Anda bisa menggali informasi yang lebih detail mengenai nutrisi atau gizi anak di Orami Magazine. Sebuah platform yang menyediakan banyak tips merawat anak.

0 comentários: