Home Top Ad

Responsive Ads Here

Nice Blog - Nutrisi otak merupakan salah satu faktor yang paling mendasar yang akan berpengaruh terhadap kesehatan otak bayi. Tumbuh...

Nutrisi Otak yang Wajib Dipenuhi untuk Kesehatan Otak

Nice Blog - Nutrisi otak merupakan salah satu faktor yang paling mendasar yang akan berpengaruh terhadap kesehatan otak bayi. Tumbuh kembang otak tentu saja memrlukan asupan nutrisi yang cukup lengkap. Dengan nutrisi otak yang tercukupi, maka kesehatan otak bayi akan terjaga.

Pemenuhan nutrisi otak juga akan berpengaruh pada kecerdasan bayi. Jika otak sang bayi sehat, maka ia dapat lebih cepat belajar dan memahami berbagai hal. Seiring dengan pertumbuhannya pun, bayi bisa menjadi orang yang cerdas.




Daftar Nutrisi Otak yang Wajib Dipenuhi untuk Kesehatan Otak

Otak membutuhkan nutrisi yang beranekaragam. Nutrisi otak tersebut dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang otak. Apabila kebutuhan nutrisi otak tidak bisa terpenuhi Beberapa nutrisi otak yang wajib dipenuhi agar kesehatan otak sang bayi selalu terjaga di antaranya sebagai berikut:
 
      a.   Nutrisi Otak yang Wajib Dipenuhi: Vitamin B1

Vitamin B1 merupakan salah satu nutrisi otak yang wajib dipenuhi untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kecerdasan otak bayi. Vitamin ini memiliki peran yang sangat penting dalam penyaluran impuls miliaran sel saraf.
Kekurangan vitamin vitamin B1 dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan otak seperti kerusakan saraf, daya ingat yang menurun, rendahnya kemampuan belajar, serta gangguan mental.

     b.   Nutrisi Otak yang Wajib Dipenuhi: Asam Folat

Asam folat juga menjadi nutrisi otak yang sangat menentukan kesehatan dan kecerdasan otak. Asam folat berperan dalam menurunkan kadar asam amino homosistein dalam darah. Asam amino tersebut merupakan jenis asam amino yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak, sehingga harus diminimalkan. Adapun senyawa asam folat bisa diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, serta sayuran hijau.

     c.   Nutrisi Otak yang Wajib Dipenuhi: Asam Lemak Omega-3

Nutrisi otak lain yang memegangn peran penting dalam perkembangan otak adalah asam lemak omega-3. Kekurangan asupan nutrisi otak jenis ini dapat menyebabkan gangguan bipolar, disleksia, skizofrenia, dan depresi.
Asam lemak omega-3 dapat diperoleh dari ikan salmon, kenari, dan buah-buahan tertentu seperti buah kiwi. Dengan memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3, maka kesehatan dan perkembangan otak dapat terjaga.

      d.   Nutrisi Otak yang Wajib Dipenuhi: Protein dan Energi

Nutrisi otak yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan dan kecerdasan otak bayi adalah protein dan energi. Perkembangan sel otak ketika masih bayi sangat dipengaruhi oleh protein dan energi. 

Asupan protein dan energi pada saat masih bayi bersumber dari air susu ibu atau ASI. ASI mengandung protein yang tinggi yang sangat penting bagi tumbuh kembang bayi. Oleh karena itu, nutrisi otak ini sangat penting terutama bagi bayi.

      e.   Nutrisi Otak yang Wajib Dipenuhi: Zink dan Zat Besi

Zink dan zat besi juga menjadi nutrisi otak yang sangat vital untuk menjaga kesehatan dan kecerdasan otak. Kedua nutrisi otak tersebut dibutuhkan dalam pembentukan konektor atau penghubung antarsel otak. Kedua jenis nutrisi otak ini berperan dalam fungsi kognitif, mengingat, serta belajar.

Kekurangan zink dan zat besi dapat menghambat perkembangan otak, terhambatnya energi metabolisme, dan kecerdasan otak atau IQ.

      f.    Nutrisi Otak yang Wajib Dipenuhi: Yodium

Yodium merupakan salah satu nutrisi otak yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecerdasan otak. Kekurangan yodium dapat menyebabkan kerusakan otak, bahkan dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan seperti kekerdilan. Kekurangan yodium juga sangat berpengaruh pada pembentukan mental. 

Nutrisi otak harus selalu dipenuhi agar kesehatan dan kecerdasan otak dapat terjaga. Selain itu, nutrisi otak juga dapat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan tubuh pada umumnya.

0 comentários: