Home Top Ad

Responsive Ads Here

Jiak diibaratkan, aki motor adalah jiwanya motor. Bagaimana tidak, kalaupun bensinnya penuh tetapi akinya habis atau rusak, maka motor ti...

Aki Motor Yamaha untuk Maksimalkan Kinerja Motor


Jiak diibaratkan, aki motor adalah jiwanya motor. Bagaimana tidak, kalaupun bensinnya penuh tetapi akinya habis atau rusak, maka motor tidak akan menyala. Untuk itulah selain memperhatikan ketersediaan bensin, kita, sebagai pengguna motor, juga harus memperhatikan perawatan aki.

Layaknya mesin, aki juga akan ngadat jika tidak dirawat. Bukan hanya habis saja, melainkan juga bisa rusak. Walaupun diisi ulang, aki tidak akan menyala karena rusak. Untuk itulah, kita harus memperhatikan aki dengan benar.

Jenis Aki Motor

Untuk aki motor, ada dua jenis aki secara umum yang wajib kita ketahui. Jenis ini didasarkan pada isinya. Di mana aki ada 2 jenis, yakni aki kering dan aki basah. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yang membedakan adalah isinya saja. Kalau aki basah isinya berupa air atau cairan. Sedangkan aki kering isinya berupa air gel, air khusus.

Perbedaan yang mencolok dari kedua jenis aki tersebut adalah pada jangka waktu penggunaan. Aki basah hanya bisa digunakan kurang lebih selama 3 bulan saja. Berbeda dengan aki kering yang bisa dipakai selama 1 tahun lebih, bahkan bisa sampai 3 tahun lamanya. Mengapa demikian? Jelas, karena aki basah lebih cepat menguapnya saat digunakan.

Saat aki habis, maka kita bisa mengisi ulang. Itu berlaku untuk aki basah. Untuk aki kering, tidak bisa diisi ulang, jadi kita harus membeli yang baru. Namun sebenarnya aki kering bisa diisi ulang dengan cara charging. Walaupun aki kering sudah diisi ulang, tetap tidak bisa bertahan lama, dalam hitungan tahun, jadi lebih disarankan untuk membeli yang baru.

Harga Aki Motor

Harga aki setiap motor berbeda-beda, tergantung pada jenis motor. Namun secara umum harga aki kering lebih mahal dari pada harga aki basah. Untuk aki basah harganya di bawah 200 ribu, sedangkan untuk aki kering dibandrol dengan harga di atas 200 ribu.

Berbeda lagi kalau isi ulang aki basah, untuk membeli airnya sangatlah murah, yakni dibawah 5 ribu rupiah saja. Jadi yang mahal sebenarnya adalah tempatnya aki itu sendiri. Ini dikarenakan tempat aki memang dirancang secara khusus.

Tips Merawat Aki Motor

Agar air awet, berikut adalah cara atau tips untuk perawatannya :

   Tidak menggunakan aksesoris motor yang berlebihan
Batasan aksesoris dalam hal ini adalah untuk aksesoris motor yang menggunakan energi listrik, seperti misalnya penambahan lampu warna warni, bel motor variasi, gaya yang lainnya. Jika terlalu banyak, maka aki akan cepat habis. Bahkan akibat yang fatal adalah membuat aki cepat rusak karena dipaksa mengaliri lebih banyak listrik.

   Tidak menggunakan paksa starter motor saat motor mogok
Ini dikarenakan starter listrik menggunakan tenaga dari aki. Jika kita menekan starter listrik dengan kuat saat motor mogok justru akan menguras isi aki. Lebih baik kita menggunakan engkol saja.

   Memanasi mesin motor setiap hari.
Kita harus memanaskan mesin motor minimal 15 menit saja setiap hari. Cukup dinyalakan saja jika tidak digunakan. Hal ini untuk mencegah sel-sel aktif di dalam air aki mengering sia-sia.

    Memastikan semua lampu motor sudah mati sebelum motor dimatikan.
Ini ditujukan untuk mengurangi konsumsi aki listrik saat akan menyalakan motor kembali.

    Periksa ketinggian air pada aki
Jangan sampai kehabisan aki atau aki mengering. Ini akan membuat motor mati total. Selalu cek ketinggian air aki agar tidak melewati batas bawah

   Rajin periksa aki untuk menghindari kebocoran
Jika aki sampai kebocoran karena bisa membuat motor meledak.

Mahalnya harga aki motor barus diimbangi dengan perawatan aki motor yang benar. Tujuannya adalah agar awet, sehingga kita bisa berkendara dengan nyaman.


0 comentários: