Home Top Ad

Responsive Ads Here

Anak Anda akan dapat memahami banyak hal dari apa yang diajarkan. Termaksud pemahaman untuk buang air besar. Anda perlu mengajarinya ag...

5 Tips Mudah untuk Mengajari Anak BAB di Toilet


Anak Anda akan dapat memahami banyak hal dari apa yang diajarkan. Termaksud pemahaman untuk buang air besar. Anda perlu mengajarinya agar sejak dini anak bisa lebih awal untuk buang air besar di toilet. Berikut ini tips mudah untuk Anda belajar parenting anak agar bisa BAB dengan benar. 

1.    Mengenalkan Toilet

Anda harus meluangkan waktu untuk mengajari anak mengenal toilet agar bisa BAB dengan benar. Langkah ini bisa dimulai saat anak telah berusia 3 tahun dengan mengenalkan apa itu toilet secara perlahan. Berikan anak Anda penjelasan dengan mudah tentang gunanya toilet dan apa kegiatan yang dilakukan di toilet, termasuklah di dalamnya buang air besar. 

Ajari anak untuk mengenal segala aktivitas di toilet dengan baik. Sebutkan istilah-istilah yang ada di dalam toilet agar anak menjadi familiar. Contohnya, kencing, siram, dan cebok. Ajari pula anak Anda untuk mengenali tanda-tanda ingin buang air besar agar anak dapat langsung ke toilet. 

2.    Bentuk Rutinitas

Dalam tahap belajar parenting untuk mengajari anak BAB di toilet, Anda harus mengatur rutinitas ke toilet sesuai dengan jam buang air anak. Jam terbaik adalah di pagi hari setelah anak bangun tidur. Bawalah anak ke toilet dan dudukan anak di toilet untuk bisa buang air besar atau pun hanya buang air kecil. 

Anda harus bersabar untuk menunggu anak sampai dia melakukannya. Anda harus melakukan tahap ini dengan rutin setiap harinya. Lihat perkembangan anak dalam memahami apa yang diajarkan dan Anda harus melakukan koreksi atas pemahaman anak pada toilet. 

3.    Memberikan Contoh

Anak akan mengikuti apa yang Anda contohkan. Jadi berilah contoh buang air besar di toilet itu seperti apa. Apa yang harus dilakukannya. Anda bisa langsung mempraktekkan itu pada anak dengan menunjukkannya perlahan cara melakukannya. 

4.    Sediakan Training Potty

Jika Anda melihat anak kesulitan untuk dudu di toilet karena ukurannya yang besar maka bisa menyediakan training potty khusus. Tujuannya untuk membuat anak lebih cepat paham dan proses belajar menjadi lebih cepat. Anda bisa mendapatkan perlengkapan toilet training untuk anak dengan mudah di toko perlengkapan ibu dan anak orami.co.id. 

5.    Berikan Pujian

Jika anak Anda berhasil melakukan setiap tahap yang diajarkan, berikanlah pujian agar anak bisa semakin semangat dan mendukung anak untuk bisa melakukannya. Jika anak sudah mulai menunjukkan perkembangan berikan pujian dan langsung aplikasikan dengan mengurangi pemakaian popok. Arahkan anak untuk selalu ke toilet. 

Penting untuk Anda belajar parenting untuk anak agar dapat mengajari anak dengan benar. Kerajinan dan ketelatenan Anda dalam mengajarinya akan membuat anak bisa tumbuh dengan cerdas. Pemahamannya pada toilet akan lebih cepat jika Anda mampu membuat anak merasa nyaman di dalam toilet.

0 comentários: