Home Top Ad

Responsive Ads Here

  Kota Melbourne di Australia sangat identik dengan kopi. Setiap pinggiran kota benar-benar dibanjiri oleh deretan kafe, yang bebera...

Panduan Singkat untuk Berburu Kopi Nikmat di Melbourne


 

Kota Melbourne di Australia sangat identik dengan kopi. Setiap pinggiran kota benar-benar dibanjiri oleh deretan kafe, yang beberapa bahkan buka selama 24 jam.

Untuk setiap kafe atau kedai kopi di dinding yang tersembunyi di gang, ada sederetan pelanggan yang dengan penuh semangat menunggu racikan kafein tunggal pesanan dibuat  dengan penuh estetika, yang tidak hanya nikmat diseruput, melainkan juga memberi pengalaman batin yang berkesan. 

Di balik dekorasi minimalis dan di bawah pencahayaan khas industri, menjamurnya kedai kopi di kota terbesar kedua di Negeri Kanguru ini bisa dilancak sejak 1950-an silam. Asal-usul budaya ngopi di Melbourne sejatinya tidak jauh berbeda dengan berbagai tempat lain di seluruh dunia. Meningkatnya tingkat konsumsi kopi, mendorong kemucnulan kafe-kafe kecil yang independen mewakili pergeseran tren distribusi kafein oleh perusahaan-perusahaan kopi korporat.

Perdagangan kopi di Melbourne dimulai pada tahun 1830-an dengan pengembangan 'istana kopi' yang megah. Mengusung konsep yang terhormat, dan cenderung borjuis, kedai kopi pertama tampil dalam fasad bak istana di kawasan yang kini dikenal sebagai pusat bisnis setempat. Memasuki abad ke-20, seiring dengan gencarnya kampanye melawan konsumsi alkohol, kopi mulai dilirik sebagai alternatif yang menyenangkan. 

Pada 1930-an, Melbourne telah membangun gaya rumah kopi kontinental sendiri, di mana mesin espresso pertamanya masih diimpor dari Italia, kiblat kopi global. Mesin espresso tidak menyentuh pasar mainstream hingga tahun 1950-an, dan pada saat itu bar espresso dilihat sebagai tempat ‘tongkrongan’ kelompok muda. 

Maju cepat sekitar setengah abad kemudian, berbagai kafe baru bermunculan setiap hari, menawarkan berbagai alternatif untuk kopi berbasis susu seperti white latte dan cappuccino, jauh sebelum dipopulerkan oleh  berbagai jaringan gerai kopi asal Amerika Serikat. 

Untuk menyelami lebih jauh buday angopi yang khas di Melbourne, Qantas adalah mitra terbaik untuk terbang dari berbagai kota besar di Indonesia. Maskapai berlogo siluet kanguru ini hadir dalam transformasi armada dan layanan yang menaggumkan, membuat penat perjalanan seakan terlupakan saat terbang bersamanya. 

Temukan tiket pesawat dengan harga menarik di aplikasi Traveloka, yang bahkan juga memberikan begitu banyak keuntungan lainnya, seperti potongan harga, akses bayar cepat via TravelokaPay, dan paket tiket dan akomodasi dengan tawaran bersaing. 

Berikut adalah tujuh spot ngopi terbaik yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Melbourne.

1. Axil Coffee Roasters

Axil Coffee Roasters memiliki empat lokasi yang menakjubkan di Melbourne. Pertama, ada kafe dan kantor pusat roasting di Hawthorn; dua bar espresso di CBD (Flinders dan Southern Cross Lanes); dan sebuah kafe di Pusat Perbelanjaan Chadstone. Dave Makin dan Zoe Delany adalah sepasang suami istri yang bertanggung jawab di balik kesuksesan Axil Coffee Roasters. Mereka melayani dan menjual espresso dan kopi saringan terbaik, dengan biji kopi yang bersumber dari Afrika, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Kafe-kafe di Hawthorn dan di Chadstone juga menyajikan makan siang yang lezat untuk menemani sesi ngopi.

2. St Ali Coffee Roasters

St Ali adalah proyek sukses gubahan Salvatore Malatesta, yang kini juga telah memiliki beberapa cabang di Jakarta dan Bali. Malatesta dan timnya adalah sempat memimpin salah satu distributor kopi terkemuka di Melbourne, sebelum kemudian mengalihkan bisnis utamanya ke jaringan kafe St Ali.  Mereka telah menggeledah Amerika Selatan dan Tengah, Afrika, dan Asia untuk biji kopi dengan nilai tertinggi dan sesuai permintaan. Kunjungi gedung industri mereka di Melbourne Selatan untuk kualitas seduhan terbaik, yang dilengkapi dengan sesi brunch lezat. Spesialisasi di sini adalah espresso, cappuccino, dan kopi filter. Dengan pengiriman gratis ke seluruh Australia, kamu juga tidak harus menjadi pencinta kopi yang berbasis di Melbourne untuk menikmati berbagai racikan khas St Ali.

3. Seven Seeds

Seven Seeds adalah pengecer mikro roaster, kafe, dan kopi. Di Melbourne, Seven Seeds memiliki kafe mereka sendiri di Carlton, serta Brother Baba Budan dan Traveler di CBD. Biji kopi yang ditawarkan di Seven Seeds berubah sepanjang tahun, tergantung pada musim. Seven Seeds dikenal untuk sesi meracik sepsial pada setiap hari Rabu, di mana konsumen dapat turut terlibat dalam proses meracik kopi nikmat. Dengan 100 persen dari hasil yang disumbangkan ke organisasi nirlaba Woman for Woman di Afrika, sesi racik dan cupping ini bisa menjadi ajang pembelajaran, sekaligus bersosialisasi yang bermanfaat.

4. Code Black Coffee Roasters

Code Black secara bersamaan adalah laboratorium, bengkel, dan pusat bagi para ahli seni dan sains kopi. Bicaralah dengan pencinta kopi di Melbourne, dan mereka akan merekomendasikan kopi terbaik di Black Code. Kedai kopi sekaligus rumah sangria ini mendatangkan biji kopi pilihan dari berbagai lokasi penanaman terbaik, seperti Kolombia, Ethiopia, Honduras, Guatemala, dan Brasil. Fasilitas sangrai dan kafe mereka terletak di satu lokasi, di luar Sydney Road di Brunswick. Sangat disarankan untuk berkunjung ke sini di sesi brunch, karena paduan kopi nikmat dan hidang lezat mampu memberikan pengalaman berkesan yang sulit dilupakan.

5. Proud Marry

Didirikan oleh Nolan Hirte, Bangga Mary yang berbasis di Melbourne dan Portland, AS, Proud Mary adalah rumah sangrai kopi, pengecer, dan kafe di kawasan Collingwood yang artsy. Kedai ini juga mengelola Collingwood Coffee College, sebuah lembaga kursus racik kopi yang digelar setaip akhir pekan. Tambahan terbaru untuk keluarga Proud Mary adalah Aunty Peg's, sebuah bar kopi hitam, yang juga memberi layanan pesan antar kopi pilihan setap dua minggu sekali.

6. Everyday Coffee

Everyday Coffee memiliki tiga lokasi di seluruh Melbourne. Pertama, ada Everyday Coffee Collingwood, yang buka 365 hari setahun. Everytown Midtown terletak di Little Collins Street di pusat kota, dan All Are Welcome yang dapat ditemukan di dataran tinggi Northcote. Kesamaan dari semua lokasi ini adalah kopi yang sangat baik dan kue-kue harian yang lezat. Setiap hari, kedai ini menyangrai dan menyaring sendiri racikan kopinya, untuk kemudian diolah menjadi espresso lezat, yang juga bisa dipesan secara online untuk seluruh pengantaran di Melbourne.

7. Industry Beans

Kakak beradik Steve dan Trevor Simmons mendirikan Industry Beans pada tahun 2010, bertempat di sebuah konversi gudang pemenang penghargaan hipster Fitzroy. Industry Beans adalah coffee roastery, kafe, dan bar seduh, yang memiliki tiga campuran ungulan, yakni Fitzroy Street, Rose Street, dan Season. Pada tahun 2016, mereka memperkenalkan Bubble Cup, yang menggabungkan kopi dingin buatan tangan dengan mutiara tapioka yang direndam dalam kopi, dan seketika menjadi salah satu menu yang populer hingga saat ini.

0 comentários: